Home » , » 100 Tahun Tenggelamnya Kapal Pesiar Legendaris Titanic

100 Tahun Tenggelamnya Kapal Pesiar Legendaris Titanic

NEW York, Southampton, dan Belfast adalah kota-kota yang memiliki ikatan kuat dengan kapal pesiar mewah, Titanic yang tenggelam seratus tahun lalu akibat menabrak gunung es. MENJELANG peringatan 100 tahun tenggelamnya kapal pesiar mewah legendarys Titanic, akan banyak acara-acara yang digelar di penjuru dunia. Apa sajakah itu?

Simak ulasannya berikut ini, seperti dikutip dari HuffingtonPost,




1. Belfast, Irlandia Utara

Belfast, kota dimana Titanic dibangun baru saja meresmikan museum Titanic terbarunya di pelabuhan kota ini untuk memperingati 100 tahun kapal ini selesai dibangun. Rangkaian acara yang diadakan di museum Belfast ini antara lain pembukaan museum akhir Maret lalu, acara balap mobil pada 6 April, pertunjukan cahaya pada 7 April serta 9 hingga 11 April dan konser MTV pada 13 April. Pada 14 April akan diselenggarakan pentas "Titanic: A Commemoration in Music and Film" yang disiarkan di beberapa stasiun televisi internasional seperti BBC.


2. Southampton, Inggris


100 tahun yang lalu, Titanic berlayar dari pelabuhan Southampton, Inggris menuju New York, Amerika Serikat. Kapal ini sebagian besar diawaki oleh penduduk Southampton, sehingga ketika kapal ini tenggelam, lebih dari 500 keluarga di kota ini yang kehilangan anggota keluarganya. Kini, Museum SeaCity yang baru dibuka akan menggelar sebuah pameran interaktif yang mengizinkan pengunjung untuk mencoba memandu sebuah kapal, dan melakukan simulasi tabrakan kapal dengan gunung es, seperti Titanic.


3. Liverpool, Inggris

 Titanic berada dalam bendera perusahaan pesiar White Star Line, yang pemiliknya, J.Bruce Ismay merupakan kelahiran kota Liverpool,Inggris. Kota ini juga menjadi kantor pusat White Star Line dan banyak kru kapal yang juga berasal dari kota ini. Pada peringatan 100 tahun tenggelamnya Titanic, Liverpool akan mengadakan pameran di Museum Merseyside Maritime yang menghadirkan koleksi unik dari kapal ini, termasuk satu-satunya tiket kapal kelas satu yang berhasil diselamatkan.



4. Cherbourg, Perancis 

 Saat berangkat dari Southampton menuju New York, Titanic banyak berhenti di beberapa pelabuhan. Salah satunya adalah Pelabuhan Cherbourg di Perancis, yang kemudian mengambil 300 penumpang dari kota ini. Kebanyakan dari penumpang tersebut adalah emigran yang ingin mencari peruntungan baru di Amerika Serikat. Salah satu museum di kota ini, Cité de la Mer Museum akan menggelar pameran yang bertajuk "Titanic, Return to Cherbourg" dan didedikasikan untuk pembuatan Titanic, serta kehidupan kelas pekerja yang menjadi penumpang kapal tersebut.



5. New York, Amerika Serikat
Titanic tidak pernah berhasil mencapai tujuan akhirnya, New York. Namun banyak dari penumpangnya yang dikuburkan disini. Pada peringatan 100 tahunnya nanti, akan banyak perenungan yang dilakukan di pemakaman-pemakaman korban Titanic yang ada di New York.
 


6. Orlando, Florida

 Dekat dengan Walt Disney World, Universal Studios dan Sea World, Orlandi juga memiliki tempat wisata Titanic The Experience. Pengunjung akan disambut dengan narasi interaktif yang dipandu oleh aktor dan aktris yang menggunakan kostum seperti di film Titanic. Atraksi ini juga menampilkan 17 galeri yang memiliki koleksi 400 memorabilia unik dan 100 artefak yang diambil dari Titanic.



7. Australia
The South Australian Maritime Museum membuka pameran RMS Titanic: Voyage of the Century untuk memperingati 100 tahun tenggelamnya kapal ini. Pameran ini menampilkan kesaksian para penumpang Titanic yang selamat dan juga cerita mereka selepas tragedi itu. Para penumpang yang selamat ini juga sebagian menyumbangkan pakaian yang mereka kenakan saat berada di Titanic, sehingga pengunjung pameran ini bisa melihat, seperti apakah gaya berpakaian di tahun 1912.



8. Halifax, Nova Scotia

Sebagian besar korban tragedi tenggelamnya kapal pesiar mewah Titanic 100 tahun lalu dikuburkan di Halifax, Nova Scotia, Amerika Serikat tepatnya di pemakaman Fairview Lawn. Halifax terletak 1.100 kilometer dari tempat tenggelamnya kapal ini, sehingga sebagian besar korban tewas yang ditemukan dan tidak dijemput keluarganya, langsung dikuburkan disini. Secara keseluruhan, ada 150 korban Titanic yang dimakamkan disini. Di pemakaman ini juga terdapat Museum Maritim Halifax, yang juga ramai dikunjungi wisatawan setelah film Titanic keluar. Museum ini berisi artefak dan barang-brang yang diambil dari Titanic.




Pembaca yang setia selalu meniggalkan komentar

Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

 
Support : Agen Bola terpercaya | Agen Bola Terpercaya | Agen Bola Terpercaya
Copyright © 2013. CYBER UNIK UNIK - All Rights Reserved
Agen Judi Bola Terpercaya Agen Bola Terpercaya A Agen Bola Terpercaya
Proudly powered by Blogger